04 January, 2008

Virus, Mencegah lebih baik daripada mengobati

Sapa sih yang nggak kenal virus komputer, tau dong bahayanya kayak gimana.
bayangin aja kalo tiba2 kena virus ganas yang merusak file atau malah sampai perlu format ulang komputer, bisa runyam dah...

Nah, sebenernya langkah awal untuk mencegah kena virus tuh nggak terlalu susah, tinggal baca aja keterangan yang ada dibawah. Ingatlah bahwa lebih baik mencegah daripada mengobati.

- Biasanya virus tuh kebanyakan berakhiran: .exe, .pif, .scr, .vbs (vb script, tapi udah jarang kayaknya). Kemudian biasanya suka menyamar menggunakan gambar icon yang umum dikenal (misalnya pake icon microsoft word, textfile . notepad, JPG / BMP, dll). Jadi kalau misalnya anda menemukan sebuah file bergambar microsoft word tapi berakhiran .exe, kemungkinan besar itu adalah virus.

- Masalahnya setting default dari windows XP adalah "hide known extention", Karena itu kita jadi tidak tahu apakah file tersebut merupakan file .exe atau file .doc (ms word). Sifat ini sering dimanfaatkan virus untuk mengecoh kita, virus bisa menggunakan nama seperti: "Surat Cinta.doc.exe", "README.TXT.exe", dll. Kedua contoh nama virus disamping mempunyai double extention,namun karena sifat dasar windows yang menyembunyikan extention, maka yang terlihat user hanyalah "Surat Cinta.doc" dan "README.TXT", akibatnya user yang tidak tahu akan membuka karena rasa penasaran.

- Nah untuk memunculkan semua extention, maka ikutilah langkah2 seperti berikut:
Buka windows explorer (my document), dibagian menu, pilih Tools->Folder Options. Bukalah tab bagian View, Cari "Hidden files and folders", pilih "Show Hidden files and folders". Kemudian tepat dibawahnya hilangkan Checkmark dari "Hide extentions for knows file types"

- Yang terakhir tinggal berhati-hati saja ketika akan membuka file, terutama jika ingin membuka dari USB flashdisk / disket.

Masalah dengan cara diatas adalah, tidak bisa mencegah virus yang menggunakan sistem autorun (jalan sendiri dari flashdisk atau dari website tertentu). Tapi setidaknya anda tidak dibodohi oleh virus yang menyamar.

Saya jg nggak suka sama antivirus, abisnya bikin lambat sih. kalo nggak percaya, liat aja nih : what really slows windows down your PC

Nah bagi yang mau proteksi dari aplikasi yang jalan tanpa ijin, bisa install program2 tambahan. Salah satu contohnya adalah Kerio Personal Firewall, silahkan dilihat untuk info tambahan:
http://ba-nobrain.blogspot.com/2008/01/kerio-personal-firewall-kpf.html

No comments: