08 January, 2008

USB Not recognized ???

Saya ada sedikit info dan pengalaman soal USB nih.

Barang2 USB tuh begitu dicolok ke komputer, dia dikasih batas waktu buat feedback. nah kalo misalknya feedbacknya diatas batas waktu maksimum (nggak inget time limitnya berapa milisecond), maka tuh device bakalan "not recognized". Karena itu jg kalo nyari kabel extender USB di pasaran, nggak bakalan ketemu yang panjangnya diatas 5 meter. Kalaupun ada harganya selangit, soalnya itu bukan entender biasa, tapi ada repeaternya.

Nah, gara2 time limit itu, kalo komputer kamu kerjanya berat (banyak aplikasi yang lagi jalan), otomatis bakalan pengaruh jg. Mungkin windowsnya lagi sibuk kali, enggak nyadar ada device USB baru yang nyambung, begitu sadar... eh udah telat, udah lewat batas waktu :P

Begitu jg kalo make extender USB, semakin panjang yah berarti semakin susah buat di detect. Di beberapa kasus malah nyolok Device USB di lobang depan PC nggak bisa ke detect, tapi kalo colok dibagian belakang PC, kagak ada masalah.

Kalo not recognized, coba aja colok dibagian belakang PC, kalo masih nggak bisa juga, ctrl + alt + del aja, trus coba program2 yang ada di background dan nggak penting di kill sebisanya, supaya kompie jadi cepat dikit (biang keroknya biasanya antivirus, bikin super lemot).

Info tambahan:
Saya ada USB wireless, anehnya kalo tuh USb masih dingin, enggak masalah. tapi kalo abis bekas dipakai, lalu di detach, enggak bisa ke detect lagi, selalu not detected. Akhirnya saya dapat 1 solusi yang cukup aneh, kalo misalnya tuh USB wireless panas, saya taruh di kulkas atas kira-kira 30 detik, setelah itu saya colokin ke komputer, langsung tokcer.

No comments: